11 Cara Belajar Digital Marketing Untuk Pemula Biar Cepat Mahir

Cara Belajar Digital Marketing

Kamu mau belajar digital marketing? Bingung bagaimana memulai belajar dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan?

Jangan khawatir!

Di artikel ini kita akan membahas tentang panduan dan cara-cara belajar digital marketing yang bisa dilakukan seorang pemula biar cepat mahir.

Apa aja caranya? Yuk cekidot!

11 Cara Terbaik Untuk Belajar Digital Marketing Buat Pemula

Untuk menjadi mahir di bidang digital marketing tentu membutuhkan langkah dan strategi. Berikut ini 11 cara yang bisa kamu lakukan.

1. Mulai Bikin Blog Sendiri

Salah satu cara terbaik untuk belajar digital marketing adalah dengan mulai bikin blog sendiri. Cara ini akan sangat membantu kamu sebagai seorang pemula memahami dan menerapkan berbagai strategi digital marketing yang ada.

Salah satu keuntungan punya blog sendiri adalah kamu bisa belajar secara otodidak dan melalui pengalaman langsung. Di mana kamu akan belajar tentang SEO, sosial media marketing, kontan marketing, content writing, wordpress dan masih banyak lagi.

Hampir semua orang yang ahli dan berkecimpung di dunia digital marketing punya blog sendiri.

Mulailah dengan membeli domain dan hosting sendiri. Kemudian install wordpress untuk blog kamu. Pilih topik yang kamu suka untuk dibahas di blog dan mulailah mengembangkan blog kamu.

Baca juga: Apa Itu Digital Marketing?

2. Ambil Kursus Online Digital Marketing

Di samping mengelola blog dan website kamu sendiri, kamu bisa belajar digital marketing dengan mengambil kursus digital marketing.

Saat ini ada banyak sekali platform yang menyediakan kursus, bootcamp dan pelatihan di bidang digital marketing. Pelatihan ini tersedia baik online maupun offline.

Keuntungannya jika kamu join kursus adalah kamu bisa belajar secara terstruktur. Sehingga mudah bagi kamu untuk memahami materi.

Selain itu, tentu kamu bisa belajar langsung dari ahli atau mentor yang berpengalaman. Ketika kamu mengalami kendala, kamu tidak bingung lagi mau bertanya di mana.

Belum lagi, di setiap kursus biasanya ada group atau komunitas sesama siswa. Di sini kamu bisa sharing pengalaman dan pengetahuan kamu untuk didiskusikan bersama orang-orang yang juga sedang belajar.

Keuntungan lainnya dari program kursus ini adalah biasanya ada fasilitas job-connector. Di mana kamu akan dibantu untuk mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan kursus. Hal ini tentu tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Lantas apa saja penyedia tempat kursus digital marketing yang rekomended?

Sepengalaman kami, berikut beberapa platform kursus yang rekomended di Indonesia:

  1. RevoU
  2. Skill Academy by Ruangguru
  3. Pakar Digital Marketing Academy
  4. Bootcamp Digital Marketing by Dibimbing.id

Untuk yang berbahasa inggris, tersedia berbagai platform yang tersedia dan berkualitas. Bahkan beberapa diantaranya gratis. Seperti:

  1. Google Digital Garage (The Fundamental of Digital Marketing)
  2. Hubspot Academy
  3. Udemy (The Complete Digital Marketing)

3. Baca Buku-Buku Digital Marketing

Buku-buku bertema digital marketing juga bisa jadi pilihan untuk belajar digital marketing. Buku-buku ini akan memperkaya wawasan kamu seputar ilmu-ilmu di bidang pemasaran online.

Saat ini ada berbagai macam buku yang bisa kamu baca. Ada yang tersedia dalam bentuk buku cetak yang dijual di toko-toko buku. Ada juga yang tersedia dalam bentuk buku digital (ebook).

Beberapa buku yang bisa kamu coba antara lain:

  • The Fundamental of Digital Marketing – Andreas Agung
  • The Power of Digital Marketing – GM Susanto
  • Digital Marketing di Era 4.0 – Riadhus Sholihin
  • The Book of SEO – Rianto Astono
  • List Building Black Book – Denny Santoso

Untuk buku-buku luar negeri juga tersedia banyak pilihan. Diantaranya:

  • Social Media Marketing 2020 – Stephan Anderson
  • Hit Makers – Derek Thompson
  • Dynamic Digital Marketing – Dawn McGruer
  • The Age of Influence – Neal Schaffer

4. Baca Blog Seputar Digital Marketing

Mau belajar digital marketing yang update, murah dan mudah? Kamu bisa belajar dengan membaca melalui blog-blog khusus yang bertema digital marketing.

Mengapa blog cocok untuk belajar digital marketing?

Pertama karena konten yang dibuat biasanya lebih simple dan mudah dicerna dibanding dengan buku. Kedua, blog biasanya dibuat berdasarkan pengalaman terbaru, sehingga akan memberikan gambaran tentang trend terupdate di bidang ini.

Dan yang pasti, membaca blog itu GRATISS!!

Nah, ada banyak blog yang bisa kamu jadikan referensi untuk belajar. Untuk dalam negeri beberapa blog dan website yang kami rekomendasikan antara lain:

  1. Niagahoster Blog
  2. DailySEO.id
  3. PanduanIM.com
  4. LontaraDigital.com

Untuk website luar negeri, beberapa yang kami rekomendasikan:

  1. Backlinko.co
  2. Neilpatel.com
  3. Hubspot Blog
  4. Search Engine Journal
  5. Content Marketing Institute

5. Nonton Video Youtube tentang Digital Marketing

Youtube punya segudang video yang tersedia secara gratis untuk ditonton. Tak terkecuali untuk video bertema bisnis dan pemasaran digital.

Menonton video tentu akan memberikan pengalaman belajar yang lebih lengkap. Selain kamu belajar materi, kamu bisa menyaksikan langsung bagaimana para pelaku digital marketing menjalankan bisnis mereka.

Dan tentu, bagi sebagaian orang nonton video lebih mudah dibanding baca blog ya!

Jika bingung memilih video-video yang bisa ditonton berikut beberapa channel yang cukup konsisten membahas digital marketing:

  • Denny Santoso
  • Dewa Eka Prayoga
  • Jefferly Helian

Untuk channel luar negeri, beberapa pilihannya antara lain:

  • Brian Dean
  • Ahrefs
  • The GaryVee Video Experience
  • Vanessa Lau

6. Ikut Program Magang

Kalau kamu serius ingin membangun karir di bidang digital marketing, kamu bisa mencoba untuk ikut program magang di perusahaan.

Di Indonesia sendiri, ada banyak startup dan perusahaan-perusahaan besar yang rutin membuka kesempatan untuk magang khususnya bagi para fresh graduate atau pembelajar.

Melalui program magang, kamu bisa belajar secara langsung di lapangan bagaimana menangani sebuah project bisnis dan pemasaran. Hal ini tentu akan memberikan kamu pengalaman dan pengetahuan penting untuk pengembangan karir kamu.

Selain itu, koneksi dan jaringan yang sudah terbangun dengan perusahaan tempat kamu magang akan menjadi nilai plus buat kamu. Ketika tiba gilirannya perusahaan membutuhkan karyawan, maka peluang kamu tentu akan lebih besar untuk dipilih.

Untuk mencari perusahaan yang membuka kesempatan magang, kamu bisa cek melalui platform pencari kerja seperti LinkedIn, Indeed atau Glints.

7. Mengikuti Webinar

Selain mengambil kursus atau boothcamp, kamu juga bisa belajar digital marketing dengan mengikuti berbagai webinar. Biasanya berbagai organisasi rutin menggelar acara seminar online bertajuk digital marketing atau bisnis.

Belajar melalui webinar bisa sangat bermanfaat untuk kita. Hal ini karena topik yang dibahas biasanya fokus pada satu aspek, sehingga suatu topik bisa dibahas secara mendalam.

Selain itu, kamu juga bisa bertanya langsung kepada pemateri terkait kendala yang selama ini kamu alami. Ini kesempatan yang langkah, yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Harga untuk mengikuti webinar biasanya jauh lebih terjangkau bahkan gratis. Dengan durasi sekitar 2 jam, kamu bisa belajar berbagai topik sesuai kebutuhan.

Informasi mengenai webinar ini biasanya diposting di sosial media seperti Instagram atau facebook. Selain itu, kamu juga bisa join di platform khusus seperti ReSkills yang menyediakan berbagai sesi webinar onlive dengan tema digital marketing, bisnis dan entrepreneurship.

8. Follow Influencer di Social Media

Kamu juga bisa mendapatkan wawasan tambahan dengan mengikuti influencer atau konten kreator yang aktif berbagi ilmu di sosial media.

Melalui pesan stories, reels, carousel atau status pendek, kamu bisa belajar dengan lebih ringan dan menyenangkan. Bahkan tak jarang ilmu-ilmu yang dibagikan tidak ditemukan di tempat lain.

Beberapa orang yang bisa kamu follow di instagram, antara lain:

  • @dewaekaprayoga
  • @dosenjualan
  • @edward.rhidwan

9. Join Forum Digital Marketing

Forum bisa menjadi gudangnya ilmu dan wawasan terkait digital marketing. Di sini kamu bisa berdiskusi dan sharing pemikiran dengan orang-orang yang punya ketertarikan di bidang yang sama.

Jika punya pertanyaan atau masalah yang sulit dipecahkan, kamu bisa bertanya melalui forum. Berbagai pandangan dan pendapat dari orang-orang yang berbeda akan kamu dapatkan.

Tak jarang, melalui forum kita juga mendapatkan peluang bisnis dan penawaran menarik.

10. Seminar, Pelatihan dan Konferensi Offline

Selain online, tempat terbaik untuk belajar ilmu-ilmu praktis di bidang digital marketing adalah melalui pertemuan online. Pertemuan itu bisa berupa seminar, pelatihan ataupun conference.

Salah satu acara conference yang rutin diadakan di bidang SEO adalah SEOCon. Ini adalah acara konferensi nasional oleh para pelaku dan pakar SEO di tanah air.

Sejumlah pembicara expert biasanya dihadirkan di acara ini. Kamu bisa menimba ilmu melalui acara serupa ini.

11. Mendengarkan Podcast

Setuju atau tidak, podcast semakin populer dari hari ke hari. Jutaan orang di seluruh dunia mendengarkan podcast, terutama untuk belajar, mengembangkan diri ataupun sekedar hiburan.

Tak terkecuali di bidang digital marketing, berbagai kanal podcast juga sudah banyak membahas topik ini. Sebut saja seperti aplikasi Inspigo ataupun spotify.

Kamu bisa dengan mudah menemukan podcast yang membahas topik-topik ini.

Nah, itulah 11 cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar digital marketing dari pemula sampai mahir. Yang pasti belajar digital marketing tidaklah rumit, selama ada kemauan dan keinginan yang kuat kita bisa menguasai ilmu ini dengan mudah.

Berbagai resourse dan sumber daya tersedia di sekeliling kita, baik yang gratis maupun berbayar. Baik yang berbahasa Indonesia maupun yang luar negeri.

Author

  • Edward Rhidwan

    Penulis dan Trainer Digital Marketing & Branding | Founder LontaraDigital.com | SEO Content Specialist detikcom | ReSkills Coach | Ex-Digital Marketing Manager RumahHipno

    View all posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *