7 Strategi Digital Marketing yang Cocok untuk Usaha Warung Bakso

Strategi digital marketing untuk usaha warung bakso

Apakah Anda memiliki usaha warung bakso? Ingin mengembangkan bisnis melalui channel dan strategi digital marketing?

Eitss, tunggu dulu! Simak trik dan strategi digital marketing untuk usaha warung bakso berikut ini!


Warung Bakso merupakan salah satu bidang usaha yang sangat populer saat ini. Usaha kuliner satu ini begitu menjamur lantaran memang digemari oleh seluruh kalangan.

Berbagai brand warung bakso pun saat ini tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Mulai dari warung bakso gerobakan di pinggir jalan hingga warung bakso mentereng yang ada di mal-mal mevvah.

Karena jumlahnya yang begitu banyak, menjalankan usaha warung bakso tentu tidaklah mudah. Pelaku bisnis tak cuma dituntut untuk piawai meramu olahan daging dan kuah, akan tetapi juga mesti punya kreativitas dalam memasarkan produk.

Di tengah persaingan yang berdarah-darah ini, bagaimana sebuah usaha warung bakso bisa bertahan dan meraih kesuksesan? Strategi apa yang cocok digunakan untuk menggaet pelanggan hingga membangun brand yang kokoh?

Apakah channel dan strategi digital marketing cocok untuk warung bakso?

Yuk kita kupas tuntas di sini!!!

Apakah Warung Bakso Cocok Menggunakan Strategi Digital Marketing?

Sebelum melangkah lebih jauh, kita perlu menjawab pertanyaan ini dulu. Cocokkah usaha warung bakso berpromosi di dunia online?

Jika ya, channel dan strategi apa saja yang bisa dimanfaatkan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu melihat realita di lapangan. Adakah bisnis warung bakso yang saat ini sukses dan menjalankan promosi online?

Jika ditelusuri di berbagai platform online, kita bisa menemukan berbagai brand usaha bakso yang muncul. Di Instagram misalnya, kita bisa melihat puluhan akun bisnis bakso aktif dan membuat aneka konten promosi.

Strategi digital marketing untuk usaha warung bakso

Demikian halnya di Google. Jika melakukan pencarian “warung bakso” atau “bakso enak” maka akan muncul puluhan hasil pencarian tentang bisnis-bisnis bakso yang ada.

strategi digital marketing untuk usaha warung bakso

Kalo kita buka portal-portal berita online, juga terdapat banyak rekomendasi warung bakso yang direkomendasikan. CNN Indonesia misalnya, menulis artikel “Rekomendasi 7 Tukang Bakso Terkenal dan Enak: Gurih Mantap” kepada pembaca mereka. Begitu juga kompas, IDNTimes, hingga Fimela.

Strategi digital marketing untuk usaha warung bakso

Artinya apa?

Ya, warung bakso cocok menggunakan strategi digital marketing untuk melakukan pemasaran dan menggaet pelanggan. Jadi, bagi kamu yang punya usaha warung bakso, jangan ragu! Optimasi digital marketing untuk ngembangin usaha kamu!

Baca juga: Apa itu Digital Marketing? Ini Pengertian, Contoh, Strategi, dan Manfaatnya

Strategi Digital Marketing untuk Usaha Warung Bakso

Pertanyaan selanjutnya adalah, apa channel, jenis, dan strategi digital marketing yang cocok untuk usaha warung bakso? Apakah semua channel cocok?

Setidaknya ada 6 strategi yang cocok untuk dijalankan dalam mempromosikan usaha warung bakso Anda. Yakni:

1. Website dan Local SEO

Warung Bakso adalah jenis usaha yang mayoritas aktivitas bisnisnya diadakan secara offline. Artinya, pengunjung perlu untuk mengunjungi warung bakso tersebut di tempat.

Meskipun pada pengembangannya orang bisa saja memesan bakso secara online, namun tetap aktivitas utamanya banyak dilakukan secara offline.

Karena itu, hal yang pertama yang perlu dilakukan dalam optimasi digital marketing adalah memastikan lokasi bisnis dapat dijangkau dan ditemukan oleh pengguna terdekat. Atau dengan dengan kata lain, Anda perlu optimasi website dan local SEO Anda.

Melalui website, anda bisa memasang profil usaha, menu, kontak, hingga alamat detail dari warung bakso Anda. Pastikan pula setiap halaman di website tersebut, sudah teroptimasi dengan baik secara SEO agar tampil teratas di Google.

Selanjutnya, pastikan bisnis Anda sudah terdaftar di layanan Google Maps. Anda bisa membuat Google Business Profile/GBP (dulunya Google My Business/GMB) di Google untuk menampilkan usaha Anda kepada orang-orang terdekat di lokasi.

Baca juga: Cara Membuat Google Bisnis Profil untuk Tambahkan Lokasi di Google Maps

Pastikan untuk meng-optimasi kata kunci di setiap elemen GBP Anda, seperti nama, kategori, deskripsi dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengintegrasikan akun Google Bisnis dengan website Anda biar makin optimal.

Jasa pembuatan website UMKM

2. Marketplace/e-commerce

Strategi digital marketing selanjutnya yang bisa dimanfaatkan bagi warung bakso adalah e-commerce. Dalam hal ini, aplikasi perpesanan makanan online seperti Gofood, GrabFood, Maximfood, Shopeefood dan lain sebagainya.

Online to Offline (O2O) e-commerce ini memungkinkan usaha warung bakso Anda bisa dengan mudah ditemukan dan dijangkau secara online oleh orang-orang di sekitar Anda.

Keuntungannya, aplikasi ini tentu sudah punya pasar (pelanggan) setia, sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing untuk mencari pelanggan. Cukup daftarkan bisnis Anda dan orang-orang yang memesan dengan mudah dan cepat.

Terlebih lagi, untuk mendaftar di aplikasi seperti ini umumnya tidak dikenakan biaya apa pun, alias gratis. Anda cukup mengisi data-data yang diminta, kemudian tunggu proses hingga bisnis Anda sudah muncul.

Mudah, kan?

3. Social Media Marketing

Kalau dua strategi sebelumnya, Anda menunggu orang mencari bisnis Anda, maka strategi selanjutnya memungkinkan Anda aktif mencari pelanggan secara online. Ya, dengan strategi Social Media Marketing.

Siapa yang hari gini gak pake sosial media? Setidaknya, semua orang yang punya smartphone pasti punya 1 atau lebih akun sosmed di hape mereka.

Nah, Anda bisa mempromosikan warung bakso Anda melalui channel sosmed ini. Tergantung dengan target pelanggan kamu, silahkan pilih mana platform sosial media yang cocok.

Misalnya, jika target kamu anak-anak muda kaum millenial dan Gen-Z, kamu bisa pakai Instagram dan Tiktok. Kalau keluarga dan orang-orang tua lebih cocok pake Instagram dan Facebook.

Satu hal yang penting diperhatikan dalam social media marketing adalah pembuatan konten yang tepat. Ingatlah prinsip “sharing-sharing dahulu, selling-selling kemudian”.

Artinya: jangan melulu posting konten jualan!

Buatlah konten yang menarik, bermanfaat, edukatif, inspiratif, atau menghibur orang-orang. Setelah itu sesekali saja barulah posting konten promosi.

Ingat bahwa sosial media adalah tempatnya orang untuk bersosialisasi. Bukan untuk berjualan. Tapi jika digunakan dengan tepat, maka sosial media punya peluang besar dalam membangun brand hingga meningkatkan omzet bisnis.

Jasa Kelola Sosmed dan Konten

4. Video Marketing

Sesuai namanya, video marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan format video. Kendati begitu, seperti konsep konten marketing pada umumnya, video marketing gak melulu video yang berisi marketing atau konten jualan.

Video pendek yang berisi edukasi, inspirasi, atau hiburan, meskipun tidak ada promosi langsung di dalamnya, bisa termasuk dalam video marketing.

Contoh-contoh video marketing yang baik di antaranya adalah video mengenai lokasi bisnis, video testimoni, video tips makan bakso yang enak, atau video inspiratif yang membantu sesama itu juga menjadi konten yang menarik bagi banyak orang.

5. Influencer Marketing

Agar hasil yang didapat semakin joss, Anda bisa memanfaatkan kekuatan Influencer untuk mempromosikan bisnis Anda.

Bahasa kerennya: “endorse”.

Tak melulu harus ngendorse ke artis atau selebgram terkenal dengan jutaan followers, Anda bisa memilih micro-influencer atau local-influencer yang ada di daerah Anda. Meskipun jangkauannya tidak seluas selebgram papan atas, tapi micro-influencer atau local-influencer bisa menjangkau target audience yang lebih tepat dan spesifik.

Selain itu, harganya tentu jauh lebih murah dibanding ngendorse artis atau selebgram gede.

6. Community dan Customer Database Optimization

Tak melulu tentang mencari pelanggan, digital marketing dan bisnis juga perlu untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Namanya customer relationship manajemen (CRM).

Simplenya, pelanggan yang sudah ada di-data dengan baik dan dikumpulkan dalam satu komunitas, apapun itu namanya.

Komunitas tersebut bisa dibuat melalui group whatsapp, telegram atau facebook group sederhana. Nantinya untuk menjaga loyalitas member, Anda bisa memberikan berbagai potongan menarik, diskon, giveaway, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa meminta mereka untuk memberikan saran dan masukan untuk kemajuan bisnis Anda. Atau meminta review jujur mengenai produk Anda.

7. Media Mention

Media punya power dan pengaruh yang cukup kuat dalam membangun persepsi publik. Agar brand bisnis Anda semakin jaya, gak ada salahnya beriklan di media-media berita online yang ada.

Selayaknya influencer, Anda bisa memilih jenis media yang ingin digunakan. Mulai dari media nasional sekelas detikcom, kompas.com, IDNTimes, dan lain sebagainya, hingga media lokal yang ada di daerah.

Anda juga bisa menggunakan media khusus yang punya niche spesifik di bidang kuliner. Misalnya kulinermakassar.com, yukmakan.com dan lain sebagainya.

Baca juga: 7 Tips dan Strategi Digital Marketing untuk Bisnis UMKM, Pasti Ampuh!

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan tentang strategi digital marketing untuk usaha warung bakso. Mulai dari website, seo, sosial media, influencer hingga media.

Dari semua yang disebutkan di atas, mana yang paling menarik untuk Anda? Mana pula strategi yang udah dijalankan?

Share pengalaman Anda di komen ya!

Author

  • Edward Rhidwan

    Penulis dan Trainer Digital Marketing & Branding | Founder LontaraDigital.com | SEO Content Specialist detikcom | ReSkills Coach | Ex-Digital Marketing Manager RumahHipno

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *